Tuntutlah Ilmu Sampai ke Hutan

Date:

Dengan wajah kusam baju kumal, anak-anak pedalaman Kabupaten Kepulauan Mentawai tampak serius menatap gurunya yang sedang membaca buku pelajaran. Di tengah keheningan hutan belantara, suara 15 siswa menggema mengikuti ejaan kalimat yang dibacakan seorang guru.

Di pedalaman Mentawai tepatnya di desa Butui anak-anak ingin sekolah. Inilah kisah bagaimana sekolah berlangsung hanya dengan dua guru di hutan Siberut Selatan.  Dengan menempuh perjalanan sekitar kurang-lebih dua jam serta melewati beberapa anak sungai dan jalan berlumpur anak-anak suku pedalaman Mentawai tetap bersemangat pergi ke sekolah walaupun terletak di tengah hutan.

Tampak sedang baris sekitar 20an murid Sekolah Patas sebelum memasuki ruangan kelas, di sekolah hutan ini hanya terdapat dua ruang kelas dengan tenaga pengajar honorer lulusan SMP. Sepertinya klise, tapi mendengar alasannya bersusah payah untuk bersekolah tetap saja mengharukan: “Supaya kami pandai, bisa menulis nama, bisa membaca surat.” Surat di Siberut artinya luas. Buku, majalah, dan koran juga dinamakan surat. Kini beberapa anak sudah mulai bisa menuliskan namanya dan membaca beberapa kata. Tekad anak-anak desa Butui untuk bersekolah sekeras nyanyian mereka pada awal jam pelajaran. Lagu Ainai Kakai Sikolah Onimia Patas dinyanyikan dengan penuh semangat.

“Sebenarnya susah mengajari mereka membaca dan berhitung. Tetapi, melihat semangat mereka yang begitu besar, saya jadi ikut bersemangat mengajar. Apalagi anak-anak ini masih kerabat saya,” Ujar salah seorang guru yang mengajar di sekolah Patas. Walaupun hanya diberi honor Rp. 400.000,- sebulan oleh seorang pastur yang mendirikan sekolah ini, kedua guru ini tetap bersemangat mengajar hingga jam satu siang.

Akhirnya, disadari atau tidak pendidikan sangat penting buat siapapun termasuk anak-anak pedalaman Mentawai tanpa harus melupakan tradisi serta kebudayaan. Jasa seorang guru pun banyak dibutuhkan di sini. Perlu adanya kesadaran dari pemuda penerus bangsa agar bersedia membantu mengajar anak-anak di daerah pedalaman untuk mencetak generasi yang berpotensi dan berprestasi. Semoga ..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

JAKARTA, INSIDETRAVELER.ID, - Vasaka Hotel Jakarta baru saja merilis...

Weekend Deal di Bulan Juni Dari Vasaka Hotel Jakarta

JAKARTA, INSIDETRAVELER.ID - Juni 2024 Vasaka Hotel Jakarta baru...

Artotel Casa Kuningan Meriahkan Program “Jelajah Nusantara” Khusus Masakan Khas Jawa dari Artotel Wanderlust

JAKARTA, INSIDETRAVELER.ID - ARTOTEL Casa Kuningan yang berlokasi di...

Artotel Casa Kuningan Hadirkan Promo F&B Spesial di La Gazette All Day Dining

JAKARTA, INSIDETRAVELER.ID – ARTOTEL Casa Kuningan yang berlokasi di...