Rumah Kayu: Penuh Estetika dan Banyak Disukai

Date:

Alam menyediakan banyak hal untuk digunakan setiap makhluk untuk pemenuhan kebutuhannya, tak terkecuali manusia. Manusia telah bergantung kepada alam sejak awal saat lahir, tumbuh dan berkembang, segala hasil alam telah dimanfaatkan seiring dengan perkembangan peradaban manusia. Salah satu hasil alam yang sering digunakan adalah kayu, mengingat kayu dapat ditemukan dengan mudah dan pengolahannya juga banyak membantu kehidupan manusia, dalam dunia properti selain bangunan kayu dimanfaatkan menjadi furniture rumah dengan berbagai desain.

Sejak awal peradaban, manusia menggunakan kombinasi bebatuan dan kayu sebagai alat untuk berburu, bahkan kayu dapat dibakar sebagai sumber api dan lain sebagainya.  Pada perkembangan zamannya melalui zaman perunggu, zaman besi, sampai saat ini masuk ke era teknologi, eksistensi penggunaan kayu dalam kehidupan manusia tetap tak dapat tergantikan.

Kayu yang pada kegunaannya yang fleksibel, dapat diolah menjadi berbagai-bagai hal, dimulai dari perkakas, hingga menjadi bahan utama membangun rumah tinggal atau sarana lain seperti jembatan, bisa dikatakan fungsi kayu yang versatile ini menjadi faktor utama mengapa kayu menjadi bahan yang paling dibutuhkan.

Dalam penggunaannya untuk dalam bangunan arsitektur sendiri, kayu telah memiliki sejarah yang panjang, saat ini masih terdapat bangunan arsitektur yang terbuat dari kayu yang bertahan sampai saat ini, seperti kuil Buddha Horyu-Ji dari jepang yang berusia lebih dari 1400 tahun.

Saat ini di zaman modern, kayu masih menjadi bahan utama sebagai bahan bangunan rumah, dimulai dari tiang penyangga, pelapis dinding, hingga perabotan di dalamnya. Rumah kayu pun masih tetap dan semakin digemari saat ini. Bangunan rumah kayu memang memiliki kesan seperti di pedesaan dan sederhana karena dulu material kayu mudah didapatkan dan begitu murah, namun saat ini ada tantangan tersendiri mengingat persediaan kayu tidak sebanyak dulu.

Jenis Desain Rumah Kayu

Rumah kayu memang terkesan tradisional dan bergaya klasik, akan tetapi dalam perkembangan bentuk dan desainnya, rumah kayu di zaman ini telah mengalami modernisasi desain-desain yang kolaboratif dengan unsur lain sehingga menambah nilai dari sebuah properti, terlebih lagi apabila kayu yang digunakan termasuk kayu yang mahal.

Dalam mendesain pun dibutuhkan selera seni yang cukup tinggi, mengingat kayu dapat dibentuk dengan mudah. Berikut ini adalah contoh desain rumah kayu yang populer beserta fungsinya masing-masing.

  • Desain Tradisional yang Sederhana

Ragam Budaya yang terdapat di Indonesia menjadi sumber yang kaya akan desain rumah model tradisional, bisa dikatakan semua bentuk rumah tradisional di Indonesia menggunakan kayu sebagai bahan utamanya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Rata-rata dalam bentuknya, memiliki kaki-kaki atau berbentuk seperti panggung merupakan ciri khas dari rumah tradisional, tentunya yang bukan tanpa fungsi, rumah panggung efektif untuk menangkal banjir, gempa bumi, serta gangguan hewan liar pada zaman dahulu.

Hingga sekarang masih banyak yang menggunakan desain rumah gaya tradisional ini, bisa karena warisan turun temurun keluarga, atau karena ingin melestarikan kebudayaan, dan jenis rumah ini banyak ditemui di desa-desa.

  • Desain Rustic 

Desain ini cukup unik karena pada dasarnya desain ini membiarkan bentuk asli bahan bangunan tanpa dipoles halus atau dengan kata lain dari bahan mentah yang belum diolah. Pada penggunaan material kayu pada desain rustic ini, tonjolan-tonjolan alamiah kayu dibiarkan begitu saja, sehingga terkesan kasar atau tua namun dengan penempatan komposisi yang pas, desain rustic dapat menonjolkan karakter-karakter dari bahan kayu yang menambah keindahan.

Selain itu dapat menghemat biaya dan waktu karena tidak perlu melakukan pemolesan, akan tetapi pemilihan bentuk kayu pun harus memenuhi unsur keamanan rumah, seperti tidak memiliki sudut-sudut yang dapat melukai pemilik rumah dan sebagainya. Desain rustic pun dapat dengan mudah anda kolaborasikan dengan unsur lain seperti logam dan plastik hingga bahan semen.

  • Desain untuk Homestay

Pada pusat pariwisata yang menawarkan penginapan kepada pengunjungnya, desain bentuk rumah dengan bahan kayu pun mendominasi, contohnya adalah homestay dengan bentuk yang minimalis, kayu yang mengandung nilai estetika pun menjadi pilihan para wisatawan untuk menginap, karena suasana yang sejuk dan tentu saja keunikannya yang menarik apalagi sekarang ini orang-orang mencari spot yang instagramable, bagi mereka yang melakukan bisnis homestay, desain kayu jauh lebih ekonomis dan mudah dibentuk sesuai dengan selera seni pemiliknya dan sudah pasti menjadi nilai tambah tersendiri.

  • Rumah Minimalis Semi Permanen

Bentuk yang menggunakan unsur setengah kayu dan setengah beton juga tidak kalah populer saat ini, bahkan dengan berbagai kreasi desain yang ada perpaduan antara dua unsur ini menjadikan sebuah rumah terlihat elegan. Bisa juga dengan memadukan desain tradisional yang berbahan kayu dengan desain modern dengan bahan beton. Keindahan yang tercipta pun dapat menunjang nilai investasi bagi anda.

Keuntungan Rumah Kayu

Insulator yang Baik

Kayu sebagai bahan utama yang terbaik yang dapat mencegah penghantaran suhu panas ataupun dingin. Maksudnya adalah rumah berbahan kayu walaupun pada cuaca panas dapat menjaga suhu di dalam ruangan tetap sejuk dan hangat pada cuaca dingin, oleh sebab itu bahan kayu begitu cocok dengan daerah beriklim tropis.

Selain itu dengan fungsi insulator yang baik, rumah kayu dapat menghemat penggunaan energi seperti pemakaian penghangat ruangan ataupun Air Conditioner (AC). pori-pori di dalam kayu menjadikan sirkulasi di dalam rumah lebih baik, dan tentu saja menjadikan rumah kayu menjadi hunian yang ramah lingkungan. Udara di dalamnya pun sangat terjaga kelembabannya sehingga tidak menjadi masalah ketika terjadi pergantian iklim.

Nilai Seni yang Artistik

Material kayu yang begitu mudah dibentuk menjadi salah satu keunggulan nilai dari bangunan ini, belum lagi ditambah dengan pattern atau pola alamiah serat kayu unik, warna, dan bentuk yang tidak baku. Tidak hanya itu saja jenis-jenis kayu yang beragam pun turut memperkaya keindahan rumah kayu ini.

Dengan unsur-unsur yang ada inilah yang membuat rumah kayu stand out dan berbeda dengan jenis rumah yang lain, kesan klasik nan mewah terpancar sekaligus menjelaskan status sosial. Rumah kayu dapat diperkaya dengan bentuk-bentuk ukiran yang kaya, semakin rumit desain sebuah rumah kayu maka semakin mempertegas selera seni pemiliknya. Ditambah lagi dengan nilai seni ini, tentunya rumah anda dapat menjadi sarana investasi yang menjanjikan, oleh sebab itu pemeliharaan dan perawatannya pun harus tetap terjaga.

Ekonomis dan Mudah dalam Pembangunan

Meskipun dalam pembangunan rumah kayu ada yang cukup mahal namun semua berdasarkan jenis kayu yang dipakai, sudah pasti jenis kayu langka dan berkualitas akan mempengaruhi biaya pembangunannya. Akan tetapi ada banyak juga jenis kayu yang dikhususkan sebagai bahan bangunan yang murah namun tidak kalah kokoh dan kuat, ditinjau dari biaya yang jauh lebih murah dari rumah beton dan instalasi yang lebih cepat, tentunya rumah kayu pun dapat dengan mudah dimodifikasi, atau dibongkar pasang daripada rumah berbahan beton, tidak hanya itu saja, bahan kayu dapat bertahan dari bencana alam seperti gempa bumi, karena bahannya yang elastis dan dapat menyerap getaran dengan baik.

Penyerap Suara yang Baik

Setelah fungsi sebagai insulator suhu, ternyata kayu juga dapat menjadi penyerap suara yang baik, jika anda seorang yang membutuhkan ketenangan dari suara-suara yang terlalu bising atau keramaian, maka membangun rumah berbahan kayu bisa menjadi pilihan anda, ditambah lagi ketika anda ingin menambah studio musik atau home theater pribadi

Dapat Didaur Ulang

Keunggulan yang satu ini memang menjadi karakteristik rumah berbahan kayu, ketika melakukan renovasi, bahan-bahan kayu yang berlebih dapat diolah lagi menjadi sesuatu untuk benda lain yang dapat dipakai atau dijual lagi, terlebih ketika bahan yang digunakan adalah kayu yang bernilai tinggi dan langka.

Jenis bangunan kayu saat ini masih terus menjadi primadona, malahan seiring dengan perkembangan zaman kualitas rumah kayu tetap bertambah nilainya, baik dari segi pembangunan yang tidak memakan waktu yang lama, maupun dari segi investasi dengan pemilihan bahan-bahan kayu yang berkualitas dan mahal. Bangunan kayu dengan kualitas tersebut bisa dipadukan dengan material lain seperti kayu dan semen sehingga dengan selera seni desain interior yang baik maka terbentuklah sebuah mahakarya yang indah.

Tentu saja dengan semua kualitas dari berbagai jenis kayu yang banyak pilihannya yang menyesuaikan dengan budget anda. Bila dirawat dengan baik maka bangunan rumah kayu ini dapat bertahan lama, bahkan jauh bertahan lama dari bangunan yang terbuat dari beton.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

JAKARTA, INSIDETRAVELER.ID, - Vasaka Hotel Jakarta baru saja merilis...

Weekend Deal di Bulan Juni Dari Vasaka Hotel Jakarta

JAKARTA, INSIDETRAVELER.ID - Juni 2024 Vasaka Hotel Jakarta baru...

Artotel Casa Kuningan Meriahkan Program “Jelajah Nusantara” Khusus Masakan Khas Jawa dari Artotel Wanderlust

JAKARTA, INSIDETRAVELER.ID - ARTOTEL Casa Kuningan yang berlokasi di...

Artotel Casa Kuningan Hadirkan Promo F&B Spesial di La Gazette All Day Dining

JAKARTA, INSIDETRAVELER.ID – ARTOTEL Casa Kuningan yang berlokasi di...