Pentingnya Vaksin Anak Demi Ciptakan Herd Immunity

Date:

Indonesia memulai program vaksinasi Covid-19 terhadap anak usia 6-11 tahun. Tahap pertama vaksinasi Covid-19 Anak ini digelar di 115 kabupaten atau kota di 19 provinsi di Tanah Air, pada Selasa 14 Desember 2021.

Kick off atau pembukaan penyuntikan vaksin Covid-19 dipilih di 3 sekolah dasar negeri. Tepatnya di SDN 03 Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat, SDN 01 Depok, Jawa Barat, dan SDN Rawa Buntu 03, Tangerang Selatan, Banten.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan atau Kemenkes, vaksinasi anak usia 6-11 tahun menyasar 26,7 juta anak. Dosis penyuntikan dua kali menggunakan vaksin Sinovac, sehingga total membutuhkan 58 juta dosis.

Prof. Dr. Cissy B. Kartasasmita, M.Sc, Ph.D, Sp.A(K), Anggota Satgas Imunisasi & Ketua Pokja Imunisasi PERALMUNI dalam webinar yang diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI), The International Federation of Red Cross (IFRC), dan USAID mengatakan bahwa sesegera mungkin vaksinasi pada anak 6-11 tahun bisa dilakukan mulai akhir tahun ini. Ia menjelaskan bahwa Kementerian Kesehatan nanti akan membuat mekanisme distribusi di sekolah-sekolah atau lewat puskesmas.

“Kalau vaksinnya sudah ada, langsung ambil,” tegasnya. Sebab, ia menjelaskan bahwa semakin banyak jumlah anak yang tervaksin, maka semakin cepat kemungkinan kita mencapai herd immunity. Apalagi, saat ini anak-anak juga sudah mulai mengikuti sekolah tatap muka.

Selasa 28 Desember 2021 SD Negeri Cipete Utara 15 Pagi juga melaksanakan vaksin anak usia 6-11 tahun secara berkala mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Terlihat begitu antusiasnya orang tua murid serta murid-murid untuk datang vaksinasi anak.

“Mudah-mudahan dengan vaksinasi ini, anak-anak bisa lebih sehat, bisa lebih terjamin untuk tidak terkena infeksi Covid-19 ketika mereka melakukan proses belajar dan mengajar di sekolah secara langsung,”ucap Tio Saragih, guru wali kelas 3C.

Lantas, apa saja manfaat vaksin Covid-19 untuk anak?

Terutama saat persiapan sekolah tatap muka, vaksinasi Covid-19 dapat menjadi salah satu upaya perlindungan pada anak. Manfaat vaksin Covid-19 yang didapat untuk anak di antaranya:

  1. Merangsang sistem kekebalan tubuh, Vaksin dibuat dari berbagai produk biologi dan virus yang sudah dilemahkan. Vaksin ini nantinya akan merangsang timbulnya imun atau daya tahan tubuh anak-anak.
  1. Mengurangi risiko penularan virus Covid-19

Daya tahan tubuh anak yang terbentuk setelah mendapatkan vaksin bisa mengurangi risiko terpapar virus Corona.

Hal ini dikarenakan tubuh anak sudah belajar dan mengenali virus yang dilemahkan di dalam vaksin.

Nah, dalam masa persiapan kembali sekolah, berikut manfaat lainnya mendapat vaksin Covid-19 untuk anak.

  1. Mengurangi dampak berat virus

Masa persiapan sekolah tatap muka merupakan momen yang membuat orang tua dan anak khawatir akan pemaparan Covid-19. Untuk diketahui, pemberian vaksinasi Covid-19 dapat mengurangi dampak berat virus Covid-19. Jika tubuh mengenali suatu virus, suatu saat kita terpapar penyakit, gejala yang ditimbulkan tidak berat.

Sementara itu, pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 masih terus meminta masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) meski telah selesai divaksinasi. Pasalnya, selain vaksin, disiplin penerapan prokes merupakan salah satu cara ampuh untuk mencegah risiko penularan Covid-19.

Adapun prokes yang harus dipatuhi sesuai dengan Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 16 Tahun 2021 adalah 6M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, serta menghindari makan bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

JAKARTA, INSIDETRAVELER.ID, - Vasaka Hotel Jakarta baru saja merilis...

Weekend Deal di Bulan Juni Dari Vasaka Hotel Jakarta

JAKARTA, INSIDETRAVELER.ID - Juni 2024 Vasaka Hotel Jakarta baru...

Artotel Casa Kuningan Meriahkan Program “Jelajah Nusantara” Khusus Masakan Khas Jawa dari Artotel Wanderlust

JAKARTA, INSIDETRAVELER.ID - ARTOTEL Casa Kuningan yang berlokasi di...

Artotel Casa Kuningan Hadirkan Promo F&B Spesial di La Gazette All Day Dining

JAKARTA, INSIDETRAVELER.ID – ARTOTEL Casa Kuningan yang berlokasi di...